Detoks Tubuh Selama #Dirumahaja, Ini Tipsnya

0
496
detoks tubuh selama #dirumahaja

Byoote Indonesia – Tips detoks tubuh mungkin merupakan salah satu informasi yang kamu butuhkan selama #dirumahaja. Seperti yang kita ketahui, tubuh kita menimbun banyak racun setiap harinya. Asalnya pun ada yang dari luar tubuh maupun dalam tubuh. Simak tipsnya di artikel ini ya.

Toksik internal biasanya diciptakan oleh proses biologis tubuh dan terjadi secara natural, sedangkan racun eksternal biasanya masuk ke dalam tubuh dengan cara ditelan, dihirup, maupun diserap, seperti polutan, obat-obatan, maupun makanan dan minuman yang kita konsumsi. 

Tubuh kita yang luar biasa ini, sebenarnya sudah memiliki hati yang bekerja untuk menyaring racun yang ada di dalam tubuh, sebelum kemudian dilepaskan ke usus untuk diproses di saluran pencernaan dan racun-racun tersebut dikeluarkan dengan cara buang air kecil, buang air besar, maupun melalui keringat. 

Namun, seringkali hati harus bekerja lebih keras karena racun menumpuk akibat pola hidup kita yang tidak sehat. Akibatnya, kita akan mudah merasa lelah, bahkan tak jarang berujung pada kerusakan organ.

Maka dari itu, ada baiknya kita memiliki kesadaran untuk ikut mendetoks tubuh kita dari racun. Byoote telah mengumpulkan tips detoks tubuh yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja. 

1. Puasa

detoks tubuh selama #dirumahaja

Tips detoks tubuh selama #dirumahaja yang pertama adalah dengan berpuasa. Para pakar kesehatan sepakat, bahwa puasa dapat membantu tubuh untuk melakukan detokfikasi. Puasa akan membuat perutmu kosong selama setidaknya 12 jam. 

Dalam kurun waktu ini, organ-organ pencernaan dalam tubuh kita seperti hati, ginjal, lambung, dan usus mendapatkan jatah beristirahat dan mengatur ulang fungsinya. Sehingga ketika berbuka, organ-organ tersebut dapat mencerna makanan dengan lebih baik. 

Bahkan seorang pakar kesehatan dari Amerika percaya, bahwa melakukan detoks dengan berpuasa adalah metode yang lebih baik daripada menjalankan diet biasa. 

Tentu saja kamu harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi ketika berbuka, sehingga puasa yang kamu jalankan tetap memiliki fungsinya sebagai detoksifikasi alami. 

2. Konsumsi Buah dan Sayur Lebih Banyak

detoks tubuh selama #dirumahaja

Isi setidaknya setengah piringmu dengan sayuran, dan konsumsi lebih banyak buah-buahan. Sebagaimana yang kita ketahui, buah dan sayur-sayuran kaya akan zat-zat yang dapat membantu fungsi organ dalam tubuh. Serat yang terkandung di dalamnya pun dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur dengan cara menerapkan raw diet, yaitu metode diet yang menganjurkan penggunanya menyantap buah dan sayur dalam keadaan mentah. Diet jenis ini dapat membantu usus dan hati dalam mengeluarkan racun. 

Selain dengan raw diet, kamu juga bisa mengolah sayuran dan buah menjadi jus atau smoothie. Atau jika kamu lebih suka makanan matang, tidak ada salahnya jika merebus sayur-sayuran tersebut untuk dikonsumsi secara tunggal. 

Namun jangan merebusnya terlalu lama atau mencampurnya dengan berbagai penyedap rasa, agar nutrisi yang terkandung di dalam sayuran tetap dapat tubuhmu serap secara optimal. 

3. Minum Banyak Air Putih

Ini merupakan salah satu syarat mutlak dalam menjalankan detoksifikasi tubuh. Tubuh kita terdiri dari 80% air, yang mana artinya kekurangan air dapat membuat kita jadi dehidrasi. Anjuran normal konsumsi air putih adalah 8 sampai 10 gelas setiap harinya, namun untuk kamu yang sedang menjalankan program detoks, ada baiknya menambah jatah minum air putih setiap harinya. 

Alternatif minum air putih yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat infused water. Infused water merupakan campuran air mineral dengan buah, sayur, dan herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dengan infused water kamu bisa mendapatkan manfaat ganda. 

4. Jauhi Kebiasaan Buruk

Racun yang masuk ke dalam tubuh kita sebagian berasal dari apa yang kita konsumsi. Selama masa detoksifikasi hindarilah kebiasaan buruk seperti menyantap junk food, merokok, minum alkohol, dan kopi. Mulai biasakan konsumsi teh hijau atau panganan lain yang dapat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Kalau kamu juga memiliki kebiasaan begadang, maka mulai kurangi juga kebiasaan tersebut. Pada saat kita tertidur, sistem pencernaan kita akan melambat. Sementara pada jam 23.00 sampai dengan 03.00 hati dan liver akan bekerja melakukan aktivitas pembuangan racun sisa metabolisme, lalu meregenerasi sel-sel hati. Sehingga, jika kita begadang, jam biologi, dan kerja organ tersebut dapat terganggu.

Selagi menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, kamu bisa menggantinya dengan kebiasaan yang lebih positif seperti rajin berolahraga, dan mengonsumsi teh hijau sebagai pengganti kopi.

Itu dia tips detoks tubuh yang bisa kamu lakukan di rumah aja. Ada banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan jika kamu rutin melakukan detoks tubuh seperti mengurangi berat badan, membantu fungsi organ, membugarkan badan, hingga membantu kesehatan mental kamu. Ingat, menjalani pola hidup sehat adalah salah satu bentuk mencintai diri sendiri, dan mensyukuri karunia yang kita dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here