Cara Mengatasi Jerawat Breakout, Ini 7 Diantaranya

0
510
cara mengatasi jerawat breakout

Byoote Indonesia – Cara mengatasi jerawat breakout mungkin menjadi informasi yang kamu butuhkan sekarang. Apalagi kalo jerawat breaokut kamu munculnya dadakan. Nah, kamu bisa simak disini bagaimana cara mengatasi jerawat breakout tersebut ya!

Jerawat breakout yang tiba-tiba muncul di wajah sering terjadi di sebagian besar orang, terutama di kalangan remaja. Perubahan hormon, paparan sinar matahari yang berlebihan, pola makan tidak sehat, stres, produksi sebum yang berlebihan, merokok, dan konsumsi alkohol yang berlebihan, semua ini bisa menyebabkan munculnya jerawat breakout secara tiba-tiba.

Karena jerawat breakout  ini muncul secara dadakan, kamu mungkin tidak siap untuk menangani breakout tersebut. Alih-alih mau mengatasinya, bisa jadi kamu malah salah memilih produk skincare untuk mengatasi breakout

Oleh karena itu, mimin sudah rangkum dari berbagai sumber tentang bagaimana cara mengatasi jerawat breakout yang dadakan. Baca sampai habis ya!!

  1. Tidak berlebihan menggunakan produk perawatan rambut
cara mengatasi jerawat breakout

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat breakout dadakan bisa dimulai dari bagian teratas tubuh kamu, yaitu rambut. Kok rambut? Yang dimaksud disini adalah kamu harus memperhatikan produk rambut yang kamu gunakan.

Mulai dari sampo, kondisioner, serum, dan hair spray yang kamu gunakan juga bersentuhan dengan kulit wajah, terutama area dahi. Nah, hal ini bisa menjadi faktor utama munculnya jerawat breakout dadakan yang biasanya tidak diperhatikan.

Jika jerawat breakout muncul di area dahi, kemungkinan besar produk rambut kamu lah yang menjadi penyebabnya. Jadi, saat jerawat breakout kamu muncul, usahakan untuk tidak berlebihan dalam memakai produk perawatan rambut tersebut.

2. Jangan sentuh wajah kamu

cara mengatasi jerawat breakout

Hal sederhana seperti tidak menyentuh wajah kamu saat berjerawat juga penting untuk kamu perhatikan ya! Karena menyentuh wajah secara terus-menerus dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah, sehingga bisa memperburuk kondisi jerawat kamu.

Selain itu, sering menyentuh wajah juga dapat membuat kelenjar minyak bekerja berlebihan yang menyebabkan produksi minyak berlebih, dan berdampak buruk bagi jerawat kamu. Jadi, kamu disarankan untuk mencuci muka kamu di pagi hari dengan pembersih antibakteri, lalu diamkan sampai mengering sendiri.

Oh iya, jangan pernah sekalipun untuk memencet paksa jerawat ya! Tidak hanya memperburuk jerawat, tetapi juga meninggalkan bekas jerawat. Cara paling baik menyembuhkan jerawat bukan dengan memencet paksa jerawat ya, tapi dengan perawatan yang rutin dan konsisten.

3.   Hentikan perawatan kulit seperti memutihkan kulit

cara mengatasi jerawat breakout
Ilustrasi : Perawatan memutihkan kulit wajah

Apabila kamu berencana untuk melakukan waxing wajah atau memutihkan wajah disaat kamu sedang jerawat breakout, lebih baik kamu batalkan saja rencana tersebut. Meskipun memutihkan kulit merupakan perawatan kulit yang wajar dilakukan untuk mencerahkan kulit, tetapi melakukannya saat sedang berjerawat bukanlah ide yang bagus.

Karena dalam proses pemutihan kulit, biasanya mengandung bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit dan memperparah kondisi wajah berjerawat.

4.   Perhatikan pola makan kamu

Salah satu penyebab utama timbulnya jerawat breakout mendadak bisa jadi karena pola makan yang tidak sehat. Yang dimaksud dengan pola makan tidak sehat adalah mengkonsumsi junk food, oily food, fried food, dan high sugar food.

Semua jenis makanan di atas dapat memicu timbulnya jerawat breakout di wajah kamu. Sebaiknya, mulai sekarang perhatikan pola makan kamu dan mulai konsumsi makanan sehat yang kaya antioksidan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Selain buah-buahan dan sayuran yang disebutkan di atas, kamu juga bisa mendapatkan sumber antioksidan dengan minum Byoote. Karena, kandungan L-Glutathione Grade A dalam Byoote sebagai master antioksidan yang bisa melawan jerawat.

5.   Berhenti menngenakan make-up berlayer-layer

Ilustrasi : make-up tebal

Biasanya kalo jerawat breakout mendadak muncul, hal simpel yang kamu lakukan pasti menutupnya dengan make-up. Walaupun memang cara ini bisa menutupi tampilan wajah berjerawat, tapi make-up juga bisa memperburuk kondisi wajah berjerawat kamu.

Apalagi jika kamu menggunakan make-up berlayer-layer atau tebal, itu bisa menyumbat pori-pori wajah dan memicu timbulnya jerawat breakout. Sebaiknya, kamu tidak usah mengenakan make-up dulu saat sedang berjerawat ya! Atau gunakan seminimal mungkin ya!

6.   Spot treat

Ilustrasi : spot treatment

Untuk jerawat yang menimbulkan rasa nyeri, sebaiknya lakukan perawatan tepat di spot wajah berjerewat menggunakan tea tree oil. Bahan tersebut berperan sebagai antibakteri yang luar bisa membersihkan kulit wajah secara mendalam dan mengatasi jerawat.

Cara pengaplikasiannya sebagai berikut. Tambahkan 4-5 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak kelapa atau minyak almond dan oleskan di area wajah berjerawat. Biarkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih. Dengan melakukan perawatan tepat di spot berjerawat setiap hari, bisa membantu untuk membersihkan jerawat.

7.   Kompres dengan es batu

Ilustrasi : kompres dengan es batu

Jerawat breakout biasanya diikuti oleh jerawat berisi nanah yang meradang. Cara paling sederhana untuk menenangkan jerawat yang meradang adalah dengan es batu. Bungkus beberapa es batu dengan elap dan gosokkan dengan lembut pada jerawat kamu sampai area tersebut menjadi mati rasa. Kamu bisa mengulangi pengobatan ini beberapa kali setiap hari sampai jerawat mulai mereda ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here