Waktu Minum Air Putih Yang Baik, Kapan?

0
301
waktu minum air putih

Byoote Indonesia – Waktu minum air putih yang tepat, mungkin bukanlah suatu informasi yang sering kamu dapatkan. Banyak dari kita yang tahu, bahwa air putih adalah salah satu kebutuhan terbesar tubuh kita, mengingat setidaknya 80% tubuh kita terdiri dari air.

Kekurangan air putih dapat membuat tubuh kita dehidrasi, maka dari itu anjuran normal minum air putih ada 8-10 gelas perhari. Bahkan sumber lainnya menyebutkan, bahwa 1,5 liter air putih sehari tidaklah cukup, ada baiknya kita mengonsumsi 3 sampai 4 liter air setiap harinya, bergantung pada kebutuhan tiap individu.

Namun, tahukah kamu, bahwa anjuran tersebut akan jauh lebih efektif, apabila kamu mematuhi waktu minum air putih yang tepat?

Nah, Byoote telah rangkum dari berbagai sumber mengenai waktu minum air putih yang tepat, untuk kamu.

1. Setelah Bangun tidur.

Tidak peduli seberapa banyak pun air yang kamu minum di hari sebelumnya, ketika bangun tidur, tubuh kita sebenarnya berada dalam kondisi dehidrasi. Satu-dua gelas air putih ketika bangun tidur juga dapat menstimulasi gerakan usus, sehingga usus dapat menyerap nutrisi dengan lebih maksimal dan mulai bekerja untuk menyingkirkan racun.

Sebagai tambahan, akan lebih baik apabila air yang kamu minum di pagi hari dalam kondisi hangat. Air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah, menambah suhu tubuh, serta mencegah perut begah dan kembung. Bahkan, rutinitas minum air hangat ketika bangun tidur dipercaya dapat membantu menjaga tubuh idealmu, loh!

2. Sebelum Mandi.

waktu minum air putih

Mungkin kita sering mendengar saran untuk minum air putih sebelum makan, dan sebelum tidur, tapi tahukah kamu para ahli juga menyarankan untuk minum air putih sebelum mandi?

Minum segelas air sebelum mandi bisa membantu mencairkan kadar natrium, untuk selanjutnya menurunkan tekanan darah. Usahakan air yang kamu minum air hangat ya! Hal ini akan membantu melebarkan pembuluh darahmu.

3. Setengah Jam Sebelum Makan.

Banyak orang yang tengah menjalani program diet meminum air sebelum makan, tujuannya agar perut lebih cepat kenyang. Namun tahukah kamu, bahwa minum air putih tepat sebelum, atau ketika makan justru bisa berpotensi melemahkan cairan pencernaan, dan membuatnya kurang efektif?

Sebaliknya, waktu paling tepat untuk minum air putih adalah setengah jam sebelum makan, hal ini dapat membantu sistem pencernaanmu lebih baik. Selain itu, minum terlalu banyak air tepat sebelum makan, atau ketika makan justru dapat mengganggu enzim-enzim yang diperlukan untuk mencerna makanan.

4. Minum Ketika Lelah.

Nyaris seluruh organ dalam tubuh kita bergantung pada air. Bukan hanya ginjal, jantung, dan hati, nyatanya air juga dibutuhkan oleh otak dan sistem syaraf tubuh manusia.

Ketika otak kita kekurangan air, kita dapat mengalami kelelahan, kehilangan fokus, ingatan, sakit kepala, gangguan emosional. Hal ini disebabkan otak yang menyusut karena kekurangan cairan. Maka dari itu minum air sangat dianjurkan, ketika kita mengalami kelelahan.

5. Sebelum dan Sesudah Olahraga.

waktu minum air putih

Kita kerap kali berolahraga tanpa minum air putih lebih dahulu, lantas baru mengonsumsi air ketika lelah berolahraga. Padahal kita semua tahu, berolahraga adalah kegiatan yang menguras energi.

Dengan demikian, tubuh kita akan merasa kekurangan cairan, karena tubuh dipaksa bekerja tanpa ada asupan air yang cukup. Hal ini bisa menyebabkan tubuh kita mengalami dehidrasi. Maka dari itu, ada baiknya menyempatkan dari minum segelas-dua gelas air putih, sebelum memulai olahraga. Lantas minum lebih banyak ketika sudah merasa lelah berolahraga.

6. Sebelum Tidur.

waktu minum air putih

Biasakan minum air putih secukupnya sebelum tidur, hal ini membantu tubuhmu untuk memenuhi kebutuhan cairannya setelah seharian beraktivitas. Apalagi, ketika tidur nanti, tubuh kita tidak akan mendapatkan cairan apapun. Maka, minum air putih sebelum tidur, dapat membantu tubuhmu menjaga kadar airnya selama beristirahat.

Namun, ada baiknya kamu tidak minum air putih secara berlebihan sebelum tidur. Minum berlebihan sebelum tidur dapat membuat tidurmu terganggu, hal ini dikarenakan kamu akan terbangun untuk buang air kecil.

Sebagai catatan juga, tidak semua orang dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur. Orang dengan penyakit dan kondisi tertentu, justru harus menghindari minum air putih sebelum tidur, karena dapat meningkatkan risiko komplikasi dari penyakitnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here