Manfaat Penggunaan Sunscreen Ini Penting Loh!

0
402
manfaat penggunaan sunscreen

Byoote Indonesia – Manfaat penggunaan sunscreen sama sekali tidak bisa disepelekan. Bahkan banyak ahli dan dokter kulit yang sepakat, bahwa sunscreen merupakan salah satu produk perawatan yang wajib digunakan.

Kandungan SPF dan PA yang terdapat dalam sunscreen, berfungsi melindungi kulit kita dari sengatan langsung sinar matahari. Saking krusialnya peran sunscreen untuk perawatan kulit kita, para ahli menganjurkan untuk menggunakannya setiap dua jam sekali.

Hal ini disebabkan oleh daya sunscreen yang berkurang dari waktu ke waktu, sejak pertama kali di apply ke wajah. Lantas, apa manfaat penggunaan sunscreen, untuk kulit kita?

Berikut Byoote telah rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat penggunaan sunscreen, spesial untuk kamu!

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari.

manfaat penggunaan sunscreen

Tentunya ini adalah fungsi utama penggunaan sunscreen, yaitu sebagai tameng yang menghalangi sinar matahari untuk langsung menyentuh kulit kita. Tapi, tahukah kamu, bahwa sinar matahari terdiri dari beberapa jenis. Dua sinar matahari yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah sinar UV A dan UV B.

Kedua sinar tersebut tentu memberi dampak buruk bagi kulit kita. Jika UV B dapat menyebabkan kulit terbakar, dan mengalami sunburn. Maka UV A menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah bagi kulit kita. Sinar Ultraviolet A ini dapat menembus hingga lapisan kulit terdalam, di mana darah, dan jaringan pembuluh darah kita berada.

Sinar UV A diketahui dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini dan flek hitam. Meski sekilas, UV A tampak lebih berbahaya, terpapar sinar UV B dalam jangka waktu panjang, nyatanya dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Meratakan Warna Kulit.

manfaat penggunaan sunscreen

Pernah mengalami warna kulit yang tidak merata? Mungkin terutama apabila kamu berponi, atau mengenakan hijab. Hal ini menjadi masalah yang lumrah dan kerap kali di alami oleh orang Indonesia, yang notebenenya tinggal di negara beriklim tropis.

Sebagian kulit kita yang tertutup, akan terlindungi dari sinar matahari lansung, sementara bagian kulit kita yang tanpa proteksi mengalami hal yang sebaliknya. Hal ini menyebabkan hiperpigmentasi ada area kulit tertentu.

Menggunakan sunscreen dapat membantumu mengatasi belang di kulitmu, sekaligus bekerja sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari yang berpotensi membuat warna kulitmu lebih gelap.

3. Mencegah Kulit Terbakar.

Asian women apply sunscreen on the hands and arms. To protect the skin from sunlight, causing skin pigmentation and causing skin cancer. And protection from sunlight, health

Kulit terbakar atau sunburn disebabkan oleh paparan sinar UV B yang berlebih. Sunburn sendiri adalah kondisi di mana kulit mengalami kemerahan, terasa panas, perih, hingga kadang mengelupas, dan mengalami pembengkakan.

Sebuah penelitian yang terdapat pada Annals of Epidemiology, 2008 silam menyebutkan bahwa kulit yang sering terbakar atau mengalami suburn, memiliki risiko lebih tinggi terjangkit melanoma yang mematikan.

4. Mencegah Penuaan Dini.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, sinar UV A dapat menyebabkan penuaan diri pada kulit kita. Hal ini dikarenakan radiasi dari sinar UV A merusak serat-serat yang ada di dalam kulit, sehingga kolagen berkurang, dan kulit kehilangan elastisitasnya.

Bahkan pada 2016 lalu, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Pusat menyatakan, bahwa setidaknya 80 persen penuaan dini di Indonesia disebabkan oleh paparan sinar matahari, terutama karena kita tinggal di negara beriklim tropis.

5. Menyebabkan Kanker Kulit.

Ilustrasi : kangker kulit

Satu lagi kerusakan paling fatal yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Kanker kulit melanoma merupakan kanker yang berkembang pada melanosit, yang merupakan sel kulit penghasil melanin. Melanin inilah yang berperan sebagai penyerap sinar ultraviolet. Kanker ini disebut-sebut sebagai salah satu kanker paling berbahaya.

Kanker melanoma mulanya akan menyerang kulit manusia, sebelum akhirnya menyebar ke organ lainnya. Berdasarkan data WHO, ada sekitar 132.000 penderita kanker melanoma setiap tahunnya, dan jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat, mengingat lapisan ozon yang terus menipis setiap harinya.

Maka dari itu sangat penting menggunakan sunscreen, terutama jika mengingat iklim negara kita yang tropis.

Nah, itu dia manfaat penggunaan sunscreen yang telah Byoote rangkum untuk kamu. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa oleskan sunscreen-mu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here