Cuka Apel Untuk Rambut? Ini Manfaatnya

0
214
cuka apel untuk rambut

Byoote Indoesia – Cuka apel untuk rambut itu apa sih manfaatnya? Ternyata, kamu bisa mempercepat pertumbuhan rambut dengan cuka apel lho! Bagaimana caranya? Simak ulasannya di artikel ini ya!

Mayoritas wanita, pasti mendambakan rambut panjang yang indah dan juga kuat. Karena, rambut merupakan mahkota yang mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri wanita. Jadi, gak heran bukan kalau wanita itu selalu mendambakan rambut yang indah.

Faktor-faktor seperti polusi, paparan sinar matahari yang berbahaya, gaya hidup, dan kurangnya perawatan yang tepat dapat membuat kamu mengalami masalah rambut, seperti ketombe dan kulit kepala yang tidak sehat.

Masalah di atas akhirnya berujung pada rambut rontok dan pertumbuhan rambut jadi lebih lambat. Kalau sudah begini, banyak orang yang susah menemukan solusi untuk mempercepat pertumbuhan rambutnya.

Daripada kamu susah menemukan produk kimia untuk mempercepat pertumbuhan rambut, kamu bisa pakai bahan alami, yaitu cuka apel lho! Berikut mimin sudah rangkum dari berbagai sumber tentang bagaimana cuka apel bisa untuk mengatasi berbagai masalah rambut!

Kenapa Harus Cuka Apel?

cuka apel untuk rambut

Jadi, yang membuat cuka sari apel efektif untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut adalah kemampuannya untuk membersihkan kulit kepala dan rambut kamu dari berbagai jenis kotoran, radikal bebas, debu, dan lainnya.

Karena, penumpukan kotoran di kulit kepala lah yang menjadi salah satu faktor utama pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat. Penumpukan kotoran tersebut dapat menyumbat folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Cuka apel efektif membersihkan penumpukan kotoran tersebut, menyeimbangkan pH kulit kepala kamu sekaligus menyegarkannya. Jika kulit kepala kamu bersih, kamu bisa melihat peningkatan pertumbuhan rambut kamu.

Faktor lainnya yang menyebabkan pertumbuhan rambut melambat adalah ketombe. Ketombe dapat menyebabkan banyak masalah rambut, termasuk memperlambat pertumbuhan rambut. Nah, disinilah peran cuka apel yang memiliki sifat antibakteri bekerja melawan bakteri penyebab ketombe dan mencegahnya penyebarannya.

Lalu, kandungan asam sitrat dalam cuka sari apel bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selanjutnya, asam malat yang ada dalam cuka apel bersifat antiseptik yang mampu menyembuhkan kulit kepala dan mencegah kemungkinan infeksi, menjaga kesehatan kulit kepala yang akan berkontribusi pada proses pertumbuhan rambut.

Cara Pengaplikasian Cuka Apel Untuk Pertumbuhan Rambut

1. Cuka apel

Apple cider vinegar and fresh red apple on a wooden background

Kamu bisa membilas rambut kamu dengan cuka apel setelah keramas untuk mendapatkan manfaatnya ya! Tapi, karena cuka apel termasuk bahan dengan kandungan yang kuat, kamu harus mencairkannya dulu ya dengan air.

Kamu membutuhkan 4 sendok makan cuka apel dan 2 cangkir air mineral untuk melakukan perawatan rambut dengan cuka apel ini.

Cara pengaplikasiannya mudah. Pertama, kamu encerkan dulu 4 sendok makan cuka apel dengan 2 cangkir air. Sebelum menggunakannya, kamu keramas terlebih dahulu ya. Setelah itu, baru kamu bilas dengan cuka apel yang sudah encer tersebut. Diamkan selama 1 menit. Terakhir, bilas deh sampai bersih.

2. Sampo dan cuka apel

Cara kedua, kamu bisa se-simpel menambahkan cuka sari apel ke dalam sampo madi kamu. Nah, cara ini bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut kamu. Kamu hanya perlu menyiapkan setengah sendok teh cuka apel dan sampo mandi favorit kamu.

Cara pengaplikasiannya juga mudah. Pertama-tama, kamu basahin rambut dulu. Lalu, tambahkan cuka apel ke sampo kamu. Baru deh gunakan campuran sampo dan cuka apel mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut kamu. Selanjutnya, pijat lembut kulit kepala selama 5 menit. Terakhir, bilas sampai bersih.

3. Cuka sari apel, pisang, dan minyak pohon teh

Terakhir, kamu bisa menggunakan campuran cuka apel, tea tree oil, dan pisang untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Yang pertama, pisang berfungsi sebagai kondisioner untuk melindungi rambut kamu dari kerusakan. Kalium, minyak alami, dan vitamin yang terkandung dalam pisang membantu mencegah kerusakan rambut.

Selanjutnya, tea tree oil bersifat antibakteri yang bisa melawan bakteri dan membersihkan penumpukan kotoran berlebih dari kulit kepala kamu secara menyeluruh untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kamu membutuhkan setengah sendok teh cuka apel, 1 buah pisang matang, dan 5 tetes tea tree oil untuk melakukan perawatan rambut dengan campuran ini.

Cara pengaplikasiannya mudah. Pertama, kamu haluskan pisang sampai menjadi bubur dalam mangkuk. Lalu, tambahkan cuka apel dan tea tree oil ke dalamnya dan aduk sampai rata hingga menjadi pasta halus.

Selanjutnya, oleskan pasta campuran ini ke kulit kepala kamu sampai ujung rambut kamu. Diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hangat ya dan sedikit sampo! Jadi, sebelum menggunakan campuran ini, kamu keramas terlebih dahulu ya. Dan bilas kembali dengan sampo sedikit saja.

Oh iya, untuk menyempurnakan perawatan rambut kamu, perawatan dari dalam juga penting kamu lakukan ya! Salah satunya dengan rutin minum Byoote! Karena, kandungan kolagen dalam Byoote bisa menutrisi rambut kamu dari dalam. Baca selengkapnya disini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here