Bibir Kering Selama Puasa? Ini Solusinya

0
1200
bibir kering selama puasa

Byoote Indonesia – Bibir kering selama puasa wajar dialami sebagian besar orang. Karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup lebih kurang 13 jam. Lalu, bagaimana mengatasinya? Simak ulasan mengenai minyak alami untuk bibir kering berikut.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan bibir kamu kering, mulai dari suhu ruangan ber-AC yang dingin, sering membasahi bibir dengan air liur dan dehidrasi atau kurangnya cairan masuk ke tubuh. 

Biasanya kamu mengatasi bibir kering dengan produk lip balm favorit yang cocok untuk kamu. Memakai lip balm memang benar bisa membantu melembabkan bibir kamu, tapi tidak dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, selain lip balm, kamu bisa mengatasi bibir kering selama puasa dengan menggunakan minyak esensial dari bahan alami. Karena, minyak esensial dapat menutrisi bibir kamu, melembabkan bibir, melembutkan bibir bahkan bisa menjaga kulit kamu secara keseluruhan.

  1. Minyak esensial lemon
bibir kering selama puasa

Minyak esensial lemon mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan, sehingga melindungi kulit dan bibir kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. Cara kerjanya, minyak lemon akan mempercepat pengelupasan sel kulit bibir kamu yang rusak dan menggantinya dengan sel kulit baru, sehingga bibir menjadi lembut.

2. Minyak esensial lavender

bibir kering selama puasa

Minyak esensial lavender ini sudah biasa digunakan dalam berbagai produk perawatan bibir. Karena, lavender bersifat anti-inflamasi, menenangkan dan mempercepat penyembuhan luka di bibir. Sehingga bisa membuat bibir kamu kenyal dan lembut dalam waktu singkat.

3. Minyak esensial peppermint

bibir kering selama puasa

Minyak esensial peppermint ini kaya akan asam lemak dan omega 3 yang dapat menyehatkan bibir, membuatnya lebih kenyal, lembab dan juga lembut. Selain itu, vitamin C dalam minyak ini juga membantu melembabkan bibir dan melindunginya dari kerusakan. Satu lagi manfaat minyak ini adalah dapat meringankan rasa sakit di bibir kamu yang terluka atau terkelupas.

4. Minyak esensial mawar geranium

Minyak esensial ini berasal dari tanaman mawar geranium yang sering ditemukan dalam produk lip balm pada umumnya. Minyak ini bersifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi bibir pecah-pecah. Sifat antiseptik dari minyak esensial ini juga dapat menjaga bibir kamu lembut dan tidak mudah terkena infeksi.

5. Minyak esensial melati

Minyak esensial ini terbuat dari kelopak bunga melati yang dapat menghidrasi bibir, sehingga terhindar dari kondisi bibir kering. Minyak ini juga bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan masalah bibir pecah-pecah kamu. Minyak esensial melati juga mampu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuat bibir menjadi kenyal dan lembut.

6. Minyak esensial mustard

Minyak esensial mustar ini kaya akan asam linoleat yang bisa meningkatkan kelembaban bibir kamu dan melawan hiperpigmentasi dari sinar UV. Minyak ini juga bersifat anti-inflamasi, sehingga mampu menyembuhkan bibir pecah-pecah.

7. Minyak esensial biji wortel

Carrots. Fresh organic carrots. Fresh garden carrots. Bunch of fresh organic carrots at market.

Minyak esensial biji wortel ini telah digunakan sejak zaman kuno untuk meremajakan kulit. Minyak ini juga efektif dalam mengatasi kerusakan bibir kamu dan membuat bibir lembab serta lembut. Minyak esensial biji wortel ini juga mengandung SPF > 20 yang dapat melindungi bibir kamu dari sinar matahari.

8. Minyak esensial chamomile

Minyak esensial chamomile ini bersifat anti-inflamasi dan dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah kamu. Karena sifat antioksidannya, minyak ini melindungi bibir kamu dari kerusakan akibat radikal bebas dan membuat bibir kamu lembut.

Cara Mengaplikasikan Minyak Esensial Pada Bibir Kering dan Pecah-pecah

Minyak esensial ini memang baik untuk mengatasi bibir kering selama puasa ini ya. Tetap, pengaplikasiannya ke bibir cukup rumit loh, gak boleh sembarangan. Karena minyak ini pekat, jika dioleskan secara langsung bisa bahaya juga tuh untuk bibir kamu. 

Jadi, yang kamu harus lakukan dalam pengaplikasian minyak esensial ke bibir kamu adalah dengan mencairkan minyak ini dengan minyak pendampingnya, seperti; minyak almond, jojoba dan kelapa.

Campurkan beberapa tetesan minyak esensial dengan satu sendok makan minyak pendamping dan kemudian baru oleskan ke bibir kamu. Kamu akan melihat hasil atau perubahan di bibir kamu setelah beberapa kali pemakaian ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here