Cegah Dehidrasi Selama Puasa, Ini Tipsnya

0
825
cegah dehidrasi selama puasa

Byoote Indonesia – Cegah dehidrasi selama puasa menjadi salah satu hal yang menjadi pertanyaan beberapa orang. Bagaimana bisa? Nah, ternyata adalah tips buat tubuh kamu gak gampang dehidrasi selama puasa. Apa saja?

Selama puasa, dehidrasi mungkin menjadi masalah yang tidak bisa kita cegah kemunculannya. Pasalnya tubuh tidak menerima cairan selama kurang lebih 13 jam. Itulah sebabnya kamu merasa lemas saat puasa.

Tubuh lemas tersebut menjadi ciri kalau kamu dehidrasi tuh. Tapi jangan khawatir, berikut merupakan tips bagaimana kamu bisa mencegah masalah tersebut.

  1. Konsumsi makanan yang sedikit kadar garamnya
cegah dehidrasi selama puasa

Natrium dalam garam memang dibutuhkan tubuh kita. Namun, jika kamu mengkonsumsi garam berlebihan, akan berdampak buruk terhadap kesehatan kamu. Termasuk dapat menimbulkan dehidrasi hingga penyakit hipertensi dan stroke.

Hal ini disebabkan, karena garam dapat menahan air yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, tubuh kamu jadi lebih cepat haus, lemas, pusing dan dehidrasi. Nah, jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh manusia harian sebaiknya hanya satu sendok teh saja ya.

2. Tidak melakukan banyak kegiatan

cegah dehidrasi selama puasa

Memang benar selama puasa, kamu tidak boleh menjadikannya alasan untuk bermalas-malasan. Kamu harus tetap melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasanya. Namun, kamu harus batasi kegiatan tersebut ya. Jangan sampai membuat kamu kehilangan waktu istirahat yang cukup.

Apabila kamu ingin berolahraga selama puasa, kamu juga harus memilih olahraga yang tidak banyak mengeluarkan energi. Misalnya berjalan santai mengelilingi komplek rumah, jogging, yoga dan gerak gerakan ringan senam saja dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

3. Perbanyak makan buah yang kadar airnya tinggi

Selama puasa, tidak ada cairan yang masuk ke dalam tubuh kamu kurang lebih 13 jam. Oleh sebab itu, kamu harus mengembalikan kadar air dalam tubuh. Salah satunya bisa dilakukan dengan perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang kadar airnya tinggi.

Pendapat “berbukalah dengan yang manis” itu benar loh! Tapi, manis yang kamu dapatkan harus yang alami ya, misalnya dari buah-buahan. Jadi, disarankan untuk perbanyak konsumsi buah seperti semangka, jeruk atau melon saat berbuka puasa untuk mengembalikan cairan dalam tubuh. Sehingga itu bisa cegah dehidrasi selama puasa kamu di hari selanjutnya.

4. Hindari minuman yang mengandung kafein

Mungkin susah menghindari minuman berkafein selama puasa seperti teh dan kopi bagi beberapa orang. Tapi, sebaiknya itu mulai kamu lakukan dari sekarang. Pasalnya, kopi dan teh dapat memicu kamu untuk pipis dan mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh. Sehingga, tubuh jadi lebih cepat haus dan dehidrasi selama kamu berpuasa.

5. Konsumsi air mineral yang cukup

Kamu bisa cegah dehidrasi selama puasa dengan minum air mineral yang kadarnya sesuai kebutuhan tubuh. Agar tubuh kamu terhidrasi kembali setelah seharian puasa. Kamu bisa menerapkan pola minum seperti 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa dan 4 gelas sepanjang malam sebelum tidur.


Kalau kamu tipe orang yang tidak terlalu suka minum air putih, kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan potongan buah yang kamu suka ke air putih kamu. Atau istilahnya infuse water dengan menambahkan buah seperti lemon, stroberi dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here