Hilangkan Komedo Sendiri Di Rumah, Begini Caranya

0
1258
hilangkan komedo

Byoote Indonesia – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk hilangkan komedo. Bahkan terkadang saking gemasnya, kita kerap memaksa komedo keluar dari wajah kita dengan cara memencet atau menekannya, padahal kebiasaan tersebut berdampak buruk. Lalu, bagaimana cara tepat menghilangkan komedo? Berikut ulasannya.

  1. Peeling dengan Bahan Kimia
hilangkan komedo

Umumnya peeling dilakukan untuk treatment anti penuaan dini, seperti garis halus, keriput atau mengurangi bintik-bintik tanda penuaan. Treatment anti-aging ini biasanya menggunakan bahan kimia yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang cara kerjanya itu dengan merusak lapisan kulit terluar guna merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang sehat.

Jadi, perawatan anti-aging dengan AHA selain untuk menghilangkan sel kulit mati, juga dapat mengecilkan pori-pori besar, peeling ini juga dapat hilangkan komedo.

2. Cuci wajah dengan produk yang mengandung asam salisilat

hilangkan komedo

Asam salisilat merupakan bahan ampuh untuk mengatasi ragam masalah kulit, mulai dari jerawat, pori-pori besar hingga komedo. Cara kerja asam salisilat, yaitu meningkatkan kelembaban kulit dan mempermudah proses sel kulit mati.

Asam salisilat juga mampu memecah zat-zat yang menyumbat pori-pori, seperti kotoran, bekas make-up dan minyak berlebih, sehingga mencegah adanya jerawat dan hilangkan komedo.

3. Gunakan Masker Tanah Liat

hilangkan komedo
Man getting a mud mask at a spa

Cara kerja masker tanah liat adalah dengan menyerap minyak, kotoran dan elemen radikal bebas lainnya yang menumpuk di pori-pori kita.

Selain minyak dan kotoran, masker ini juga bisa mengangkat komedo dengan cara melonggarkan dan menghilangkan pori-pori yang tersumbat. Kamu bisa mengaplikasikan masker tanah liat ini satu sampai dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan komedo.

4. Eksfoliasi dengan produk yang mengandung AHA dan BHA

Masalah kulit wajah seperti komedo, dapat menimbulkan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kita. Oleh karena itu, eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara berkala dapat menghilangkan sel-sel kulit yang mati tersebut. Nah, AHA (Alpha Hydroxy Acid) bekerja dengan cara merusak lapisan kulit guna merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang sehat.

Disamping itu, AHA berperan dalam peningkatan jumlah kolagen agar kulit lebih elastis dan kenyal. Sedangkan BHA (Beta Hydroxy Acid) merupakan senyawa yang mampu masuk ke dalam pori-pori kulit untuk mengangkat sel kulit rusak atau mati yang menumpuk dan tinggi kadar minyaknya. Jadi, keduanya bekerja dengan cara menghilangkan lapisan atas kulit.

Kedua bahan ini biasa digunakan untuk produk krim anti-aging, karena AHA dan BHA dapat menyamarkan keriput, bintik-bintik tanda penuaan, membersihkan pori-pori hingga hilangkan komedo sekaligus dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here