Lawan Jerawat Dengan Buah Tropis? Begini Caranya

0
1384
lawan jerawat dengan buah

Byoote Indonesia – Lawan jerawat dengan buah alami di rumah ternyata bisa loh! Selain enak di makan, buah-buahan ini juga bisa membantu kamu mengatasi jerawat. Simak tipsnya di artikel ini yuk!

Masalah kulit wajah yang bisa dibilang paling menyebalkan adalah jerawat. Bagaimana tidak? Selain membandel di kulit wajah, jerawat juga menyisakan bekasnya dan bisa menyebabkan warna kulit wajah kamu tidak merata.

Kamu mungkin membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu atau mungkin bulanan, saat kamu coba mengatasi jerawat membandel tersebut. Penggunaan skincare atau obat dokter adalah langkah yang paling mudah untuk kamu lakukan bukan saat melawan jerawat?

Tetapi seringkali obat jerawat tersebut justru lebih merusak kulit wajah kamu daripada menyembuhkan jerawatnya. Itu semua bisa terjadi, karena bahan kimia di dalamnya. Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih pengobatan jerawat dengan menggunakan bahan alami rumahan untuk melawan jerawat.

Pas banget nih sama tema artikel kali ini, ngomong-ngomong soal pengobatan jerawat menggunakan bahan rumahan, apakah kamu sudah memikirkan untukmencoba buah-buahan? Yup, buah-buahan yang biasa kamu makan, bisa loh digunakan untuk mengatasi jerawat.

Kok bisa sih? Jawaban yang paling tepat adalah karena buah-buahan merupakan sumber vitamin C. Nah, vitamin C itu lah yang terbukti efektif dalam melawan jerawat kamu. Buah-buahan juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lain yang dapat meremajakan kulit sekaligus melawan jerawat.

Berikut, mimin sudah rangkum dari berbagai sumber mengenai bagaimana cara lawan jerawat dengan buah-buahan!

1. Pepaya

Pepaya yang lezat dan sehat merupakan harta karun bagi kulit Anda. Meski buahnya mengandung vitamin A, C, dan E yang semuanya luar biasa untuk kulit, yang membuat pepaya bagus untuk jerawat adalah enzim papain. Enzim ampuh, papain, yang ditemukan dalam pepaya ini merupakan agen pengelupas kulit yang mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori kulit, dan menutrisi kulit untuk mengatasi jerawat.

Madu adalah pelembab dan agen penyembuhan alami untuk kulit yang membantu menenangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Asam laktat yang terkandung dalam susu membantu proses pengelupasan pepaya dan ternyata memperbaiki penampilan kulit.

Kamu membutuhkan setengah buah pepaya matang, 1 sendok makan madu organik dan 1 sendok teh susu untuk membuat formula buah pembasmi jerawat ini.

Cara pengaplikasiannya juga mudah. Pertama, kamu haluskan pepaya dengan menggunakan sendok atau garpu dalam mangkuk. Lalu, tambahkan madu dan susu, aduk sampai tercampur sempurna hingga mendapatkan tekstur seperti pasta halus.

Selanjutnya, kamu oleskan formula tersebut ke wajah kamu secara merata. Diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas sampai bersih pakai air hangat ya! Oh iya, kamu bisa menggunakan pengobatan jerawat dengan formula ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu ya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Apel

Kandungan serat pektin dalam buah apel yang bersifat antibakteri dan antioksidan, berperan dalam melawan bakteri penyebab jerawat dan radikal bebas, sehingga bisa membersihkan kulit wajah kamu dari jerawat.

Kamu perlu menyiapkan 1 irisan besar buah apel dan 1 sendok makan krim susu untuk membuat ramuan ini.

Cara pengaplikasiannya mudah. Pertama-tama, kamu hancurkan irisan apel menjadi bubur dalam mangkuk. Lalu, tambahkan krim susu dan aduk sampai mendapatkan tekstur seperti pasta yang halus.

Selanjutnya, kamu oleskan ramuan tersebut di area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas sampai bersih. Kamu bisa menggunakan ramuan ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selain melakukan perawatan dari luar dengan masker dari buah apel ini, sempurnakan juga ya dengan perawatan dari dalam dengan Byoote. Karena Byoote mengandung antioksidan dari L-Glutathione Grade A yang dikombinasikan dengan kolagen serta vitamin lainnya untuk membantu memperbaiki penampilan kulit, kuku daan rambut kamu secara bertahap.

3. Stroberi

Kamu bisa lawan jerawat dengan buah stroberi loh! Karena kandungan asam salisilat yang tinggi dalam buah stroberi, dikenal sebagai exfoliator alami untuk kulit yang dapat membantu membersihkan kulit dari jerawat.

Selain itu, vitamin dan polifenol yang ada dalam buah stroberi mampu meningkatkan fungsi pelindung kulit dan memberikan perlindungan terhadap radikal bebas yang merupakan penyebab utama timbulnya jerawat.

Sementara itu, buah lemon bersifat antibakteri kuat yang bisa mengangkat bakteri penyebab jerawat dari pori-pori kulit wajah kamu dan membuat kulit wajah kamu bersih dan bebas dari jerawat.

Kamu membutuhkan 2 sampai 3 buah strobei matang dan 1 sendok teh jus lemon untuk membuat cempuran pembasmi jerawat ini.

Cara pengaplikasiannya juga mudah. Pertama, hancurkan stroberi sampai menjadi bubur dalam mangkuk. Lalu, tambahkan jus lemon ke dalamnya dan aduk sampai membentuk tekstur seperti pasta yang halus.

Sebelum kamu mengoleskannya ke wajah, kamu harus mencuci muka terlebih dahulu dan keringkan bekasnya. Setelah itu, baru kamu oleskan campuran buah tersebut ke wajah kamu. Diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas pakai air hangat sampai bersih ya! Kamu bisa menggunakan campuran ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalma seminggu untuk hasil optimal.

4. Semangka

Beautiful pattern with fresh watermelon slices on yellow bright background. Top View. Copy Space.

Semangka kaya akan vitamin A yang membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit dan terbukti menjadi obat yang efektif untuk melawan jerawat. Semangka juga merupakan buah yang bersifat anti-inflamasi untuk membantu menyembuhkan rasa sakit dan peradangan akibat jerawat.

Kamu perlu menyiapkan sepotong besar buah semangka, 1 cangkir gula pasir dan 1 sendok makan air mawar untuk membuat formula anti jerawat ini.

Cara pengaplikasiannya mudah. Pertama, parut buah semangka dalam mangkuk. Lalu, tambahkan gula dan air mawar kedalamnya. Aduk rata semua bahan tersebut sampai mendapatkan tesktur kasar dari gula. Jadi, jangan sampai gulanya larut ya!

Selanjutnya, kamu ambil campuran tersebut dan gosokkan ke wajah kamu selama 5 menit. Terakhir, bilas sampai bersih. Kamu bisa menggunakan campuran ini sebanyak 1 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Jeruk

Selanjutnya, kamu juga bisa lawan jerawat dengan buah jeruk ya! Karena jeruk merupakan sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan mampu membantu mengurangi jerawat. Selain itu, buah jeruk juga bisa membantu kamu mencegah bekas jerawat loh!

Kamu membutuhkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, 1 sendok makan madu organik dan sejumput bubuk kunyit untuk membuat ramuan anti jerawat ini.

Cara pengaplikasiannya juga mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut dalam mangkuk dan aduk sampai menjadi pasta. Lalu, oleskan pasta tersebut ke wajah kamu. Diamkan selama 10 menit. Bilas deh. Kamu bisa menggunakan ramuan ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

6. Pisang

lawan jerawat dengan buah

Habis makan buah pisang, sebaiknya kulitnya jangan dibuang ya! Karena, ternyata kulit pisang mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak esensial yang dapat membantu menyembuhkan kulit dari jerawat dan meningkatkan kesehatannya.

Kamu hanya perlu menyiapkan 1 kulit pisang untuk mengatasi masalah jerawat kamu loh! Caranya, pertama kamu cuci muka dulu ya dan keringin!! Abis itu, kamu gosokkan bagian dalam kulit pisang tersebut di area wajah kamu yang berjerawat sampai kulitnya berubah warna dari putih jadi kecoklatan ya!

Diamkan deh selama 30 menit. Baru abis itu bilas pake air hangat ya! Nah, kamu bisa melakukan cara ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

7. Tomat

lawan jerawat dengan buah

Buah tomat merupakan sumber antioksidan tinggi seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang bisa membantu melindungi dan menyembuhkan kulit dari jerawat. Sifat asam dalam buah tomat juga bisa jadi obat alami terbaik untuk jerawat.

Kamu hanya membutuhkan daging buah tomat secukupnya atau sesuai kebutuhan untuk melawan jerawat di kulit wajah kamu. Caranya, oleskan bubur daging tomat ke area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 1 jam. Bilas deh sampai bersih! Kamu bisa melakukan cara ini setiap hari ya untuk melihat hasil yang diinginkan lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here