Manfaat Mandi Air Hangat, Ini Penjelasannya

0
784
manfaat mandi air hangat

Byoote Indonesia – Manfaat mandi air hangat ternyata beragam loh! Mulai dari menghilangkan kotoran di kulit wajah sampai dengan mengurangi rasa stress. Selengkapnya akan dijelaskan disini mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mandi air hangat.

Aktifitas sehari-hari yang dilakukan tentu membuat lelah dan juga penat tubuh kita. Beberapa orang punya cara mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan mandi air hangat. Atau berendam di air hangat dengan menambahkan minyak esensial favorit dan sambil mendengarkan musik bisa jadi caranya.

Nah, apakah kamu salah satu orang yang senang mandi air hangat? Berikut Byoote sudah rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat mandi air hangat.

1. Membersihkan kotoran di kulit wajah kamu

manfaat mandi air hangat

            Tentu saja bagian atas tubuh manusia, yaitu wajah akan mendapatkan manfaat dari mandi menggunakan air hangat. Dalam hal ini, manfaat yang akan kamu rasakan adalah membersihkan kotoran di kulit wajah kamu, sehingga tidak menyumbat pori-pori kamu..

            Selain itu, air hangat juga bisa membuka pori-pori kamu, sehingga kamu bisa lebih mudah membersihkan sisa kotoran yang mungkin tertumpuk didalam pori-pori kamu. Setelah itu, kamu bisa bilas menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah kamu.

2. Mengurangi stress

manfaat mandi air hangat

            Bagi kamu yang ingin mengurangi stress akibat aktivitas sehari-hari kamu, mandi air hangat bisa menjadi opsi kamu loh! Karena air hangat bisa meningkatkan hormon oksitosin yang dapat membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik, sehingga rasa stress pun menurun.

3. Membantu tidur menjadi lebih nyenyak

            Jika kamu mengalami sulit tidur saat malam hari, kamu bisa mencoba mandi menggunakan air hangat ya selama lebih kurang setengah jam! Cara ini bisa menenangkan dan merelaksasikan otot-otot tubuh kamu, sehingga bisa memicu rasa kantuk dan membantu kamu lebih cepat untuk tidur.

4. Membasmi bakteri di tubuh

manfaat mandi air hangat

            Selanjutnya, kamu bisa membasmi bakteri yang ada di tubuh kamu dengan mandi menggunakan air hangat. Karena bakteri yang menempel di tubuh kamu tidak tahan akan temperatur suhu dari air hangat tersebut.

            Kalau bakteri di tubuh kamu sudah hilang, maka gatal dan iritasi kulit kamu pun tidak akan terjadi. Selain itu, dengan mandi air hangat, peredaran darah di dalam tubuh kamu akan semakin lancar. Sehingga, bisa mempercepat proses penyembuhan luka atau iritas kulit kamu.

5. Peregangan otot sebelum olahraga

manfaat mandi air hangat

            Jika kamu senang berolahraga, biasanya harus pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera atau terkilir. Nah, kamu bisa meregangkan otot kamu sebelum olahraga dengan mandi air hangat. Jadi, resiko cedera, keram atau terkilit saat olahraga bisa berkurang.

6. Menghilangkan rasa pegal

            Tubuh kamu pasti terasa pegal dan otot-otot pun terasa kencang setelah melakukan rutinitas sehari-hari yang padat. Kamu bisa coba mengatasi pegal tersebut dengan mandi air hangat. Karena air hangat bisa merelaksasikan otot-otot tubuh kamu serta memberikan sensasi yang menenangkan. Selain itu, mandi air hangat juga bisa mengatasi sakit kepala, karena bisa melancarkan peredaran darah di area kepala kamu tersebut.

7. Menurunkan tekanan darah

            Kamu punya masalah darah tinggi? Maka, usaha paling simpel yang bisa kamu lakukan adalah dengan mandi air hangat. Karena air hangat mampu menurunkan tekanan darah kamu yang sedang tinggi serta melancarkan peredaran darah kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here