Penyebab Utama Pori-Pori Besar, Ini 5 Daftarnya

0
306
Penyebab utama pori-pori besar

Byoote Indonesia – Penyebab utama pori-pori besar mungkin menjadi pertanyaan yang sering muncul di pikiran sebagian orang. Pasalnya, masalah kulit wajah yang satu ini sangat mengganggu kita apalagi saat usia 20-an. Berikut penyebab pori-pori yang perlu kamu tahu.

Kamu mungkin mengabaikan masalah pori-pori besar ini, sampai pada akhirnya kamu melihat sendiri di cermin bagaimana pori-pori besar tersebut mengganggu kepercayaan diri kamu.

Pori-pori besar ternyata jangan sampai kamu sepelekan loh! Mengapa? Karena dari pori-pori yang besar, kamu bisa mengalami masalah kulit yang lain, mulai dari jerawat, komedo dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu sudah lama mencari tahu tentang penyebab pori-pori besar itu. Disini Byoote sudah merangkum mengenai penyebab utama pori-pori besar dari berbagai sumber. Berikut daftar dan penjelasannya.

  1. Genetika
Penyebab utama pori-pori besar

Ternyata dalam hal ukuran pori-pori yang kamu miliki, ada peranan genetika disana. Meskipun kamu tidak bisa memilih untuk mempunyai genetika dengan pori-pori kecil dalam silsilah keluarga kamu.

Lantas bagaimana caranya kamu menghadapi kenyataan apabila kamu memang termasuk keturunan genetika dengan pori-pori besar? Kamu mungkin tidak bisa mencegahnya, tetapi kamu bisa melakukan perawatan kulit untuk mengurangi ukuran pori-pori besar kamu.

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan kulit wajah secara rutin. Selanjutnya, kamu bisa mengeksfoliasi kulit wajah secara berkala. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan moisturizer agar kulit wajah kamu tetap terjaga kelembabannya.

2. Kulit berminyak

Penyebab utama pori-pori besar

Penyebab pori-pori besar selanjutnya adalah kulit yang berminyak. Kelenjar sebaceous penghasil minyak alami dalam tubuh yang terlalu aktif adalah salah satu penyebab utama pori-pori besar.

Kulit manusia menghasilkan sejumlah minyak alami yang membantu menjaga kelembaban kulit. Nah, ketika produksi minyak alami di kulit berlebihan dari yang butuhkan, maka kamu akan memiliki kulit yang terlalu berminyak.

Minyak berlebih tersebut dapat membuat kotoran dan polusi menempel di kulit wajah kamu. Selanjutnya, kotoran akan masuk ke dalam pori-pori dan seiring berjalannya waktu, kotoran tersebut akan membesar dan membengkak sehingga pori-pori membesar pula.

3. Kebiasaan yang salah terhadap kulit wajah

Kebiasaan perawatan kulit kamu yang salah juga bisa menjadi penyebab pori-pori kamu besar tuh. Mulai dari memencet jerawat, menggosok kuat-kuat saat eksfoliasi dan juga memaksa komedo keluar. Nah, kebiasaan itu bisa membuat pori-pori wajah kamu besar.

4. Paparan sinar matahari

Apabila kamu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama, hati-hati loh itu bisa jadi  salah satu penyebab pori-pori besar kamu! Paparan sinar matahari tersebut dapat merusak kulit kamu dan memperbesar pori-pori juga.

Hal itu bisa terjadi, karena ketika kulit kamu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama, produksi kolagen di kulit berkurang dan jaringan di bawah lapisan atas kulit akan mengembang, sehingga pori-pori kian membesar.

5. Penuaan

Penyebab pori-pori besar yang terakhir adalah penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit manusia akan kehilangan elastisitasnya dan menjadi rentan akan kerusakan. Kemampuan regenerasi sel kulit pun semakin berkurang.

Akibatnya, akan ada penumpukan kotoran di kulit kamu, dan ini akan menyebabkan pori-pori membengkak dan akhirnya timbul pori-pori besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here