Pori-Pori Besar Bisa Terjadi Karena 5 Kebiasaan Ini

0
354

Byoote Indonesia – Pori-pori besar merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami sebagian besar orang, selain dari jerawat. Ternyata, penyebabnya merupakan  kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari loh. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

Wanita sangat memperhatikan penampilannya, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Salah satu yang sangat diperhatikan selain rambut adalah wajah. Nah, karena kebiasaan wanita yang dianggap sepele, bisa loh menyebabkan pori-pori kulit wajah membesar? Apa aja?

  1. Memencet paksa jerawat dan komedo
pori-pori besar

Kamu yang punya masalah jerawat dan komedo pasti pernah sesekali atau bahkan sering memencetnya, karena iseng atau tidak betah dengan kondisi wajah yang demikian. Ternyata kebiasaan tersebut punya beberapa dampak buruk, seperti bopeng, meninggalkan bekas dan dapat membuat pori-pori wajah kamu semakin besar.

Ada baiknya kamu melakukan perawatan dengan menggunakan sejumlah produk skincare yang sesuai dengan masalah dan jenis kulit wajah kamu. 


2. Jarang pakai sunscreen saat di luar ruangan

pori-pori besar

Sunscreen merupakan produk skincare yang berperan melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas di udara. Penggunaan sunscreen umumnya dianggap sebagian besar orang bukan suatu keharusan.

Padahal, kita sering melakukan aktivitas di luar ruangan dengan kondisi cuaca yang terik atau panas serta polusi udara. Nah, ternyata sinar matahari tersebut dapat mengurangi tingkat kelembaban dan kekenyalan kulit, sehingga menyebabkan pori-pori kulit wajah membesar.


3. Tidur dengan make-up belum dihapus

pori-pori besar

Setelah letih bekerja atau beraktivitas seharian, rasanya kita langsung ingin tarik selimut kemudian tidur. Tetapi, sebelum tidur ada baiknya kamu yang terbiasa bekerja atau beraktivitas dengan menggunakan make-up, harus menghapusnya dulu sebelum hendak tidur.

Kebiasaan lupa menghapus make-up sebelum tidur dapat menimbulkan beragam masalah kulit. Karena tersumbatnya bahan kosmetik di kulit wajah dari make-up dengan bercampurnya kotoran, bakteri dan minyak.


4. Menggunakan kertas minyak secara berlebihan

Close-up on a man using blotting papers to remove oil from his face

Kertas minyak atau blotting paper seringkali digunakan ketika wajah yang sudah dirias terlihat berminyak atau memang jenis kulit kita berminyak. Jika kamu menggunakannya dengan bijak atau sesekali saja itu tidak masalah, tapi apabila kamu menggunakan kertas minyak berlebihan itu tidak baik.

Karena bagaimanapun juga, kulit wajah kita masih membutuhkan minyak alami yang diproduksi dalam tubuh kita. Nah, kalau kamu secara terus menerus menggunakan kertas minyak untuk menghisap minyak dalam kulit wajah kamu, maka itu malah akan mendorong kulitmu untuk lebih banyak memproduksi minyak, sehingga pori-pori wajah semakin membesar.


5. Menggosokkan handuk di wajah dengan keras

Usai membersihkan wajah dengan facial wash, biasanya kita menggunakan handuk untuk membuat wajah kita lebih cepat kering.Tetapi sebagian besar orang menggosokkan handuk di wajah dengan amat keras yang bertujuan agar muka kita lebih cepat kering. Bukannya cepat kering, justru bisa menyebabkan pori-pori kamu semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here