Pencegahan Virus Corona Dari Rumah Dengan Cara Ini

0
896
pencegahan virus corona

Byoote Indonesia – Pencegahan virus corona bisa dikatakan sebagai informasi yang paling dibutuhkan warga Indonesia saat ini. Di tengah maraknya kasus virus corona di Indonesia dan himbauan pemerintah untuk tetap berdiam diri di rumah. Lalu, bagaimana cara mencegah virus corona yang bisa kita lakukan? Simak ulasannya berikut.

Saat ini belum pasti keberadaan vaksin untuk virus corona. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berdiam diri di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Berikut ada beberapa tindakan pencegahan virus corona yang bisa kamu lakukan.

  1. Bersihkan secara rutin benda yang sering kamu sentuh
pencegahan virus corona
Hands in protective gloves and siut cleaning phone from dust and infection on white background

Membersihkan benda yang sering kita sentuh, seperti handphone atau gawai merupakan langkah dasar agar terhindar dari virus corona. Karena Handphone dan gawai yang tidak bisa lepas dari genggaman tersebut, bisa jadi sangat kotor dan jadi sarang penyakit.

Sebuah penelitian mengatakan, bahwa handphone atau gawai yang kamu pegang puluhan hingga ratusan kali dalam sehari tersebut, jauh lebih kotor dari dudukan toilet. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin ya buat bersihin handphone dan gawai pribadi kamu ya!

Cara bersihinnya juga terbilang mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan kain microfiber dan sabun cair apa aja. Basahi kain microfiber dengan sedikit air, lalu tuangkan sabun secukupnya. Kemudian kamu gosokkan secara merata keseluruh bagian handphone atau gawai kamu.

Perlakukan hal yang sama ke case handphone atau gawai kamu. Setelah selesai, elap handphone, case, dan gawai kamu dengan kain microfiber yang kering. Jika cara ini masih terlalu ribet, kamu cukup membersihkan handphone atau gawai kamu dengan tissue basah ya!

2. Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air selama 20 detik

pencegahan virus corona

Virus corona menyebar melalui perantara benda dan kulit kita. Oleh sebab itu, kamu harus rajin mencuci tangan setelah memegang benda. Gunakan sabun cair atau batangan di rumah dan terapkan cuci tangan yang benar selama 20 detik.

Jangan lupa sela-sela jari tangan, punggung tangan (bagian belakang telapak tangan), serta ujung tangan (dekat kuku). Kalau sedang berada di luar, kamu bisa membersihkan tangan kamu menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol. Virus corona bisa musnah dengan sabun dan juga hand sanitizer berbahan dasar alkohol tersebut.

3. Jangan menyentuh wajah sebelum cuci tangan

pencegahan virus corona
Skin care woman removing face makeup – skin care concept / photos of appealing brunette girl

Virus corona bisa bertahan dalam permukaan benda dan kulit tangan kita selama berjam-jam. Virus ini juga mudah masuk melalui mata, hidung dan mulut kita loh. Oleh sebab itu, hindari menyentuh muka secara berlebihan dan selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. 

4. Terapkan etika bersin atau batuk

Masih banyak orang yang kurang peduli dengan etika saat bersin atau batuk. Padahal itu sangat penting dilakukan agar penyebaran virus corona terhenti. Virus corona dapat ditularkan dari droplet atau tetesan air liur saat bersin dan batuk.

Oleh karena itu, etika bersin dan batuk perlu dilakukan, yaitu dengan tutupi mulut dan hidung saat kamu bersin atau batuk menggunakan tisu atau masker, setelah itu buang bekas tisu atau masker tersebut ke tempat sampah ya.

5. Hindari kontak langsung dengan orang yang sakit

Hal ini sudah jelas untuk dilakukan ya. Bukan berarti kamu tidak simpati atau empati dengan menjauhi orang yang sakit ya. Justru kamu sudah melakukan hal yang baik dengan turut andil dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

6. Berdiam diri di rumah saat sakit

Stay at home sign. Covid-19 quarantine. Introvert concept. Slowing down in modern life

Pemerintah sepakat menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berdiam diri di rumah saat sakit. Peraturan ini juga berlaku bagi kamu dengan tubuh sehat. Virus corona mempunyai masa inkubasi yang cukup panjang, yaitu sekitar 14 hari dalam tubuh.

Itu artinya, kamu bisa saja terinfeksi virus tersebut tapi tidak menunjukkan gejala apapun selama 14 hari dan berpotensi menjadi carrier (pembawa) virus ke orang lain. Virus tersebut sebenarnya bisa kita lawan dengan sistem imun tubuh yang kuat. Kamu bisa meningkatkan imun dengan mengonsumsi vitamin, buah, sayur dan produk yang mengandung antioksidan tinggi.

Jika sakit, disarankan tetap isolasi mandiri di rumah untuk pencegahan virus corona, karena tubuh yang sakit rentan terkena virus saat kondisi imun kamu rendah. Namun, jika kondisi orang yang sakit sudah menunjukkan tanda-tanda terinfeksi virus corona, sebaiknya langsung pergi ke rumah sakit terdekat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here