Manfaat Minuman Jahe Menyehatkan, Ini 5 Diantaranya

0
394
manfaat minuman jahe menyehatkan

Manfaat minuman jahe menyehatkan sepertinya sudah tak perlu diragukan lagi. Jahe merupakan rempah yang diperkirakan berasal dari negara India atau China, tapi meski begitu, sudah lama sejak jahe juga tumbuh di Nusantara. Dewasa ini, Indonesia bahkan sudah menjadi salah satu pengekspor terbesar jahe.

Di Indonesia sendiri, jahe merupakan rempah yang diolah menjadi berbagai minuman, hingga bumbu masakan. Olahan minuman jahe pun bermacam-macam, mulai dari jamu, bajigur, wedang jahe, hingga teh jahe. Jahe pun kerap dicampurkan bersama rempah dan bahan minuman lainnya, seperti susu, kunyit, kencur, jeruk nipis, serai dan bahan lainnya.

Kekayaaan kandungan dalam jahe pun sudah terbukti. Bukan hanya menimbulkan rasa hangat, jahe dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat. Berikut manfaat minuman jahe menyehatkan yang telah Byoote rangkum dari berbagai sumber:

1. Mengurangi Reaksi Alergi.

manfaat minuman jahe menyehatkan

Salah satu khasiat minuman jahe yang paling terkenal adalah sebagai obat alergi, atau anti radang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami menyebutkan, bahwa jahe mengandung NSAIDs (Nonsteroidal anti-inflammatory drugs)  atau obat anti-inflamasi non steroid, yang dapat mengurangi peradangan pada tingkat sel. Selain itu, NSAIDs bukan hanya bekerja sebagai anti radang, tapi juga memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri.

Lebih lanjut, para peneliti bahkan mencoba membandingkan manfaat yang terkandung dalam jahe, dengan obat anti-inflamasi jenis ibuprofen, lalu menemukan bahwa jahe lebih efektif mengurangi efek radang, dibanding ibuprofen.

2. Mengurangi Nyeri Sendi.

manfaat minuman jahe menyehatkan

Tahukah kamu, kalau kamu bisa menggunakan jahe sebagai salah satu obat nyeri? Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya NSAIDs dalam jahe memiliki sifat analgesik, yang bekerja sebagai pereda nyeri.

Jahe juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri haid, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih, karena kelebihan jahe juga memiliki efek pengencer darah yang dapat membuat nyeri haidmu memburuk.

3. Mencegah Penuaan Dini.

Bukan hanya di bidang kesehatan, jahe juga memiliki segudang manfaat di bidang kecantikan. Salah satunya adalah dapat mencegah penuaan dini. Anti-inflamasi dan anti-oksidatif pada jahe dapat mengendalikan proses penuaan pada kulit. Antioksidan pada jahe mampu menangkal radikal bebas yang memengaruhi produksi kolagen dalam kulit.

Jadi, secara tidak langsung, selain mencegah penuaan dini, jahe juga dapat melembabkan kulit.

4. Menangkal Infeksi Virus dan Bakteri.

Ketika awal mula virus corona merebak di Indonesia, jahe menjadi salah satu rempah yang diburu oleh masyarakat Indonesia. Terutama jahe merah. Permintaan pasar yang melonjak, bahkan sempat membuat harga jahe melangit. Meski pada akhirnya dibantah oleh sejumlah dokter, namun para dokter juga sepakat, bahwa meski tak dapat membunuh virus corona, jahe dapat meringankan gejala yang ditimbulkan.

Gejala peradangan di paru-paru yang disebabkan oleh virus corona, dapat dibantu dengan aktivitas anti-inflamasi yang terdapat dalam jahe.

Selain itu, jahe dipercaya dapat menghambat infeksi bakteri seperti shigela, e.colli, dan lain-lain.

5. Memperkuat Sistem Imun.

Dibanding sebagai obat dari virus corona, jahe mungkin lebih tepat jika digunakan sebagai pencegah virus. Jahe mengandung banyak vitamin C dan magnesium yang dapat memperkuat imun tubuh. Selain itu, gingerol dan shogaol merupakan senyawa yang bekerja sebagai immunomodulator.

Itu dia 5 khasiat minuman jahe yang telah Byoote rangkum untuk kalian. Sampai di sini, dapat disimpulkan bahwa jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, terutama di masa-masa pandemi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here