Infused Water Tingkatkan Imun Kita? Ini Resepnya

0
576
tingkatkan imun dengan infused water

Byoote Indonesia – Infused water tingkatkan imun tubuh kita loh selama masa pandemi ini. Seperti yang kita semua tahu, di waktu sekarang ini, menjaga kesehatan sudah sepatutnya menjadi prioritas utama bagi setiap individu.

Mulai dari menjaga kebersihan, pola makan, hingga mengonsumsi vitamin dilakukan agar stamina tetap terjaga. Namun, selain tiga cara tersebut mengonsumsi infused water atau detox water bisa jadi salah alternatif usaha kita untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi ini.

Lalu, apakah infused water itu sendiri? 

Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan sayur, buah-buahan, dan berbagai tanaman herbal yang dipercaya dapat memberikan manfaat terhadap tubuh kita. Komposisi dalam infused water juga sangat beragam, dan biasanya menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapatkan. 

Berikut 5 resep infused water yang telah Byoote rangkum untuk tingkatkan imunitas tubuhmu!

1. Infused Water Lemon

Infused water tingkatkan imun tubuh kita yang pertama adalah dengan menggunakan bahan lemon. Ini adalah salah satu resep infused water paling sederhana yang sering dibuat oleh masyarakat luas. Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah, cukup dengan mencampurkan irisan lemon dengan air mineral, lalu diamkan di kulkas selama beberapa jam.

Kandungan serat dan vitamin C yang terkandung dalam buah lemon merupakan antioksidan yang bisa melawan sel-sel kanker dalam tubuh. vitamin C juga dapat meningkatkan imunitas dan membuat tubuh kita lebih berenergi. 

Selain menjadi resep tunggal, infused water lemon ini juga bisa dicampur dengan berbagai bahan lainnya seperti timun dan daun mint. Silika yang terkandung di mentimun merupakan zat yang baik untuk otot dan kulit, sedangkan daun mint kaya akan kandungan Vitamin A dan C, serta bisa menambah kesegaran racikan infused water kamu, loh! 

2. Apel dan Kayu Manis

Sudah bukan rahasia bahwa buah apel merupakan buah yang kaya akan karbohidrat, serat, vitamin C, dan protein. Kandungan ini dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menahan rasa lapar.

Sementara itu zat cinnamaldehyde yang terdapat di dalam kayu manis bisa membantu melawan inflamasi, kayu manis juga mengandung polifenol yang dapat menangkal radikal bebas, dan bekerja sebagai antioksidan. Bahkan kayu manis dipercaya dapat bermanfaat untuk penyakit Alzheimer. 

Cara membuat infused water apel dan kayu manis tidaklah sulit. Cukup rebus 1 batang kayu manis, lalu campurkan kayu  manis, apel, dan air dingin, lalu simpan beberapa jam di dalam kulkas. Hal ini diperlukan agar tidak merubah warna apel menjadi kecokelatan.

3. Nanas dan Daun Mint

Bukan hanya kaya akan vitamin A, B, dan C, buah nanas juga mengandung bromelain yang merupakan kompleks enzim proletik yang memiliki banyak manfaat seperti mengatasi inflamasi, mengurangi batuk dan demam, serta merangsang fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu nanas juga mengandung kalium yang memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, serta mengoptimalkan fungsi dari sistem saraf.

Cara membuat infused water nanas dan daun mint tentu tidak sulit. Kamu hanya perlu mencampurkan potongan buah nanas, dan beberapa lembar daun mint di dalam air, lalu menyimpannya di dalam kulkas.

Hasil maksimal dari infused water nanas ini bisa didapatkan setelah direndam selama 8-12 jam. Perpaduan antara buah nanas dan daun mint tentu akan menghasilkan rasa infused water yang menyegarkan. 

4. Stroberi dan Kiwi

Buah selanjutnya yang bisa kamu olah menjadi infused water adalah buah stroberi dan kiwi. Buah berwarna merah tersebut memiliki nutrisi yang tak kalah kaya dibanding buah lainnya. Selain kaya akan vitamin dan antioksidan, stroberi juga mengandung anthocyanin yang dapat mencegah tekanan darah tinggi dan meningkatkan fungsi otak. 

Sementara itu buah kiwi juga memiliki kandungan nutrisi yang spesial. Selain bisa mendapatkan vitamin A, C, K, dan E, serta asam amino, folat, kalium, dan kalsium, buah kiwi juga mengandung serotonin yang bisa meningkatkan kualitas tidur, zat lutein dan zeaxanthin yang bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan. 

Cara membuat infused water stroberi dan kiwi ini tidaklah berbeda dengan resep infused water yang lain. Cukup dengan mencampurkan irisan kiwi dan potongan buah stroberi di dalam air, lalu menyimpannya dalam lemari es selama beberapa jam.

5. Semangka dan Seledri

Resep terakhir yang akan Byoote bagikan merupakan salah satu resep dengan bahan yang paling mudah didapatkan. Sama seperti buah lainnya semangka merupakan buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Salah satu kelebihan buah semangka adalah buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Sedangkan seledri merupakan jenis sayuran menjaga kesehatan pencernaan dan menetralkan makanan yang bersifat asam, sehingga baik untuk dikonsumsi para penderita penyakit maag. 

Cara membuat infused water semangka dan seledri adalah dengan mencampurkan potongan buah semangka dan irisan seledri di dalam air mineral. Namun, berbeda dengan infused water lainnya yang mendapat hasil maksimal setelah direndam dalam jangka waktu 8-12 jam, infused water semangka hanya perlu direndam dalam kurun waktu 2-4 jam mengingat banyaknya air yang terkandung dalam semangka. 

Itu dia 5 resep infused water yang Byoote rekomendasikan, selain resep tersebut, kamu juga bisa mix and match buah dan sayur favoritemu sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhan. Namun sebelumnya jangan lupa untuk mencari tahu kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan tersebut ya, hingga hasilnya bisa maksimal! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here